TPINews21.com – Kabupaten Tangerang | Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan sejumlah OKP, Ormas di Kecamatan Solear gandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang menggelar donor darah di kantor bersama Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Banten, Minggu (27/3/2022).

Ketua DPK KNPI Kecamatan Solear Tata Subarna melalui ketua penyelengara kegiatan donor darah Muhadi Raf’ai mengatakan, kegiatan sosial donor darah ini dilakukan dalam rangka agenda rutin yang sudah dijadwalkan oleh PMI Kabupaten Tangerang.

“Kegiatan sosial donor darah ini merupakan agenda rutin yang sudah dijadwalkan oleh PMI Kabupaten, yaitu dua kali dalam setahun,” ungkap Muhadi Rafa,i saat ditemui di lokasi donor darah

Dijelaskan Muhadi, donor darah ini sekaligus sebagai upaya untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan untuk transfusi bagi pasien yang dirawat di rumah sakit atau rumah bersalin yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang serta untuk menambah persediaan stok darah di PMI Kabupaten Tangerang.

“Kami bersama PMI Kabupaten Tangerang serta didukung oleh seluruh OKP, Ormas, yang ada di kecamatan Solear hari ini menggelar donor darah untuk membantu persediaan stok darah yang ada di PMI Kabupaten Tangerang,” terang pria asal Bukit Cikasungka ini.

Dalam giat itu papar dia, sebanyak 50 pendonor yang mendaftar melalui aplikasi online, namun hanya 50 persen berhasil mendonorkan darahnya.

“Hari ini hanya 26 pendonor atau 26 kantong darah yang berhasil diambil, sementara 12 pendonor ditolak karena terkendala dengan kesehatan, seperti tensi darah rendah maupun darah tinggi, kolesterol dan ada juga yang baru mengkonsumsi obat medis, hal itu berpengaruh dengan darah dan berat badannya,” jelas Muhadi Rafa,i.

Dikatakan Muhadi, untuk kegiatan sosial seperti ini, dia berharap seluruh elemen OPD setempat terutama kecamatan Solear dapat membantu atau berkontribusi untuk memperlancar kegiatan sosial, terutama donor darah.

“Berharap pihak kecamatan dapat membantu akomodasi setiap kegiatan seperti ini, yang mana selama ini belum ada kontribusinya, itu yang saya sayangkan, sementara akomodasi ini murni kami keluarkan dari kantong pribadi anggota dan pengurus,” keluh Muhadi.

Sementara itu Ketua DPK KNPI Kecamatan Solear H.Tata Subarna menuturkan, sebagai organisasi kepemudaan yang ada di Kecamatan Solear, pihaknya akan terus mendukung program program Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, terlebih lagi kegiatan sosial kemanusiaan seperti acara donor darah ini.

“Apapun bentuk kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, kami KNPI Kecamatan Solear akan selalu mendukung, terlebih pada kegiatan sosial donor darah ini, mengingat kebutuhan darah di setiap rumah sakit di wilayah Kabupaten Tangerang saat ini sangat dibutuhkan, melihat hal itu kamipun terpanggil,” ucap ketua DPK KNPI Kecamatan Solear H. Tata Subarna.
Red/Brn.

Please follow and like us:
0
Tweet 20