TPINews21.com Kabupaten Tangerang | Pengadilan Agama Tigaraksa Kelas 1A menggelar acara Launching 25 Inovasi Aplikasi Unggulan, kegiatan yang digelar di halaman depan kantor Pengadilan Agama Tigaraksa Kelas 1A Kabupaten Tangerang Banten itu dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Tigaraksa Kelas 1A, para Hakim dan seluruh jajaran staf serta Ketua KPU, Kemenag Kabupaten Tangerang dan Posbakum Sayap Bening pada Jumat (22/4/2022).

Dalam acara tersebut ketua Pengadilan Agama Tigaraksa Kelas 1A Drs. Sodikin SH. MH mengatakan, dengan launching nya 25 Inovasi aplikasi unggulan ini adalah sebagai bentuk Komitmen Pengadilan Agama untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat, dan saat ini telah dipergunakan, baik sebagai media kerja maupun untuk menjawab tantangan layanan publik bila diperlukan data data.

“Ide ini muncul karena ada dua hal, pertama menjawab tantangan pandemi Covid-19, saat itu kita dilarang berkerumun, dibatasi aktivitas diluar rumah dan kegiatan di kantor yang biasanya menangani banyak orang, dengan aplikasi ini maka masyarakat tidak akan berkerumun di satu tempat,” ujar Drs. Sodikin SH MH kepada awak media.

Sebagai ketua Pengadilan Agama Tigaraksa kelas 1A, Sodikin berharap dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dapat menerima sebagai bagian dari layanan pengadilan agama, yang kedua negara hadir membantu masyarakat dari berbagai bidang urusan di pengadilan agama, dan ingin mendekatkan akses, menyederhanakan proses serta menyempurnakan hasil.

“Jika masyarakat ingin berurusan dengan pengadilan agama, maka langsung datang ke kantor, bisa dilayani secara offline dan online, jangan melalui perantara atau calo, apalagi dengan adanya aplikasi ini akan lebih permudah lagi pelayanan,” ujar Sodikin.

Ketua pengadilan agama Tigaraksa Kelas 1A Drs.Sodikin SH MH

Ditempat yang sama ketua KPU kabupaten Tangerang Muhamad Ali Jainal Abidin mengapresiasi launching nya 25 Inovasi aplikasi unggulan Pengadilan Agama Tigaraksa, pasalnya kata Muhamad Ali, aplikasi ini cukup memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Kabupaten Tangerang maupun Tangerang Selatan.

“KPU yang sebagai salah satu mitra Pengadilan Agama, karena KPU ada kewajiban terkait proses pemutakhiran data pemilih dalam rangka menjaga data pemilih berkelanjutan, salah satu aktivitas kami adalah melakukan update data, termasuk juga melakukan update status perkawinan masyarakat di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Dengan adanya aplikasi ini lanjut Ali, KPU sangat terbantu untuk mendapatkan data yang kami butuhkan dalam proses tersebut.

“Kami KPU kabupaten Tangerang mengucapkan selamat dan mengapresiasi setinggi tingginya atas launching 25 Inovasi aplikasi unggulan Pengadilan Agama Tigaraksa,” pungkasnya.

Berikut 25 Inovasi aplikasi unggulan Pengadilan Agama Tigaraksa Kelas 1A diantaranya, Sipandu (sistem informasi pelayanan terpadu), Sipandu Mobile (sistem informasi pelayanan berbasis Android), Sitanti (sistem informasi kepaniteraan Tigaraksa), Sibaper (sistem baku ATK perkara), Sikasep (sistem informasi kesekretariatan pengadilan), Wa Chat Bot (informasi perkara melalui chat WhatsApp), PTSP Online (pelayanan terpadu satu pintu berbasis online), E-SKP (sasaran kinerja pegawai secara elektronik), Aliansi (aplikasi layanan informasi), Sekuter (sistem buka tamu elektronik), E-survey, Serasi (sistem informasi rapat dan notulensi), TV Media, Sipintar (sarana ilmu pengetahuan dan informasi PA Tigaraksa), live streaming antrian (PTSP dan ruang sidang), Liberti (layanan informasi berbasis virtual), Go – Prod (layanan pengiriman akte cerai), scan info perkara, scan akte cerai, kalkulator panjar, Pendaftaran Online, Antrian Online, Registrasi Saksi, Sukesti (sistem utama kepaniteraan Tigaraksa).
Red/Brn.

Please follow and like us:
0
20