TPINews21.com – Banten | Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) Kantor Wilayah Banten Tahun 2022 gelar kegiatan Festival Pekerja. Adapun kegiatan ini bertemakan ‘Pulih Bersama Pekerja Indonesia’. Jumat, (23/05/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wisnu Eko Prihartono selaku Asisten Deputi Wilayah Bidang Petugas Pemeriksa Manajemen Resiko yang mewakili Deputi Direktur Wilayah Banten. Selanjutnya, juga dihadiri oleh Indra Ginanjar Gumelar selaku Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta perwakilan serikat pekerja dari DPD KSBSI, DPD FSPI, DPW FSPMI, DPD SPSI 73, DPD FSP KEP KSPS, DPD FSP KEP SPSI, DPD SPN Provinsi Banten dan SPSI.

Saat ditemui, Wisnu Eko Prihartono selaku Asisten Deputi Wilayah Bidang Petugas Pemeriksa Manajemen Resiko yang mewakili Deputi Direktur Wilayah Banten mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional Tahun 2022.

“Kegiatan hari ini masih merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Buruh atau May Day pada awal Mei lalu, karena kondisinya pada saat itu libur lebaran, jadi baru sekarang ini kita adakan,” kata Wisnu.

Lanjut Wisnu kemudian menjelaskan “Ada pun untuk acaranya ialah dengan membagikan paket sembako kepada teman-teman Serikat Pekerja. Selain itu, kami juga melakukan penyerahan secara simbolis manfaat program Jaminan Kehilangan Pekerjaan kepada peserta BPJAMSOSTEK,” jelas Wisnu.

Kemudian, Wisnu Eko Prihartono menambahkan, bahwa jumlah paket sembako yang dibagikan kepada para pekerja di Provinsi Banten sebanyak 240 paket sembako. “Semoga paket sembako yang kita berikan bisa bermanfaat bagi teman-teman Serikat Pekerja dan kita harapkan teman-teman Pengurus Serikat Pekerja ini bisa menyalurkannya kepada anggotanya yang sangat membutuhkan,” tutup Wisnu.

Sementara itu diwaktu yang sama, Kadisnaker Provinsi Banten dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Hubung Industrial (HI) dan Jamsostek, Indra Ginanjar Gumelar mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten atas prakarsa dalam peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2022.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif, untuk itu kami sangat mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan Banten yang telah melakukan perayaan May Day dengan membagikan paket sembako kepada pekerja melalui serikat pekerja,” ujarnya.

Indra menambahkan, persoalan pokok normatif buruh dan ketenagakerjaan tidak hanya dialami oleh negara kita, melainkan juga dialami oleh negara lain baik negara tertinggal, negara berkembang maupun negara maju.

“Untuk itu peringatan hari buruh internasional atau May Day ini seyogyanya perlu dimaknai sebagai ajang pembangunan kolaborasi mental antara pekerja, buruh, pengusaha dan pemerintah,” tambahnya.

Terakhir, Indra mengajak kepada serikat pekerja dan para pengusaha untuk menjadikan May Day 2022 menjadi momentum membangun sinergi bersama.

“Mari kita bersinergi, sehingga semangat kebersamaan untuk membangun hubungan tersebut terjaga dengan cukup harmonis,” tutupnya.

Untuk diketahui, bahwa selain memberikan bantuan sembako, kegiatan Festival Pekerja ini juga dilakukan penyerahan manfaat uang tunai program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) secara simbolis kepada dua pekerja yang kena PHK.

Dua pekerja tersebut bernama Syukron Makmun dan Rony Hidayat, yang masing-masing menerima bantuan sebesar Rp3.887.900 dan Rp1.943.459. Adapun penyerahan tersebut sesuai PP Nomor 37 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan JKP, ada tiga manfaat yang diterima pekerja atau buruh ter-PHK, yakni uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja.

Sampai saat ini, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten sudah ada 115 pekerja yang ikut dalam program JKP dengan total manfaat uang tunai sebesar Rp. 321 Juta

Red/M. Sianipar.

Please follow and like us:
0
20