TPINews21.com – Tangerang | kader posyandu merupakan benteng terdepan dalam kesehatan masyarakat, diakui Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid.

Hal tersebut dikatakan saat membuka Capacity Building Forum Pusyandu Se-Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di Perpustakaan Puspemkab Tangerang pada Selasa, (11/1/2022).

“Kader posyandu menjadi garda terdepan benteng kesehatan masyarakat, yang tersebar di desa/kelurahan seluruh Kabupaten Tangerang,” ungkap Rasyid.

Menurut Sekda, kader posyandu dalam kegiatannya itu antara lain mengecek kesehatan ibu hamil, memberikan makanan tambahan bagi balita, imunisasi hingga menimbang berat badan bayi, balita dan ibu hamil setiap satu bulan sekali.

“Kader posyandu sebagai pribadi yang bertanggung jawab, berkarakter dan berdisiplin diharapkan mampu memberikan pelayanan secara optimal dan menjadi teladan karena keahlian dalam jiwa pelayanan”, harap Rasyid

Sekda juga berharap kegiatan posyandu harus terus digalakkan dengan metode yang inovatif dan kreatif, sehingga peran serta masyarakat akan pentingnya kesehatan keluarga akan terus meningkat.

Ketua Forum Kader Posyandu Kabupaten Tangerang Ade Sukaesih menambahkan kegiatan capacity building tersebut diikuti oleh seluruh kader posyandu se-Kabupaten Tangerang dari setiap kecamatan. Lanjut dia, kegiatan tersebut bertujuan agar para kader posyandu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman sikap dan juga perilaku sebagai kader posyandu yang berkarakter.

“Saat ini posyandu di Kabupaten Tangerang sebanyak 2303 posyandu, untuk kader posyandu sendiri ada 11.170 orang yang melayani dan mendeteksi kesehatan masyarakat di setiap desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Tangerang”, jelas dia.

Dalam kegiatan juga dihadir Anggota DPRD Provinsi Banten Muhamad Faizal dari politisi Partai Golkar, perwakilan dari Dinas Kesehatan, DPMPD serta Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang.

RED/i

Please follow and like us:
0
20