TPINews21.com – Tangerang | Sebanyak 8 orang tenaga kesehatan (Nakes) di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Banten terpapar positif COVID-19. Namun ke 8 orang Nakes yang dikabarkan terpapar virus yang mematikan itu belum bisa dipastikan apakah COVID-19 varian baru Omicron atau tidak.

“Ada 8 orang tenaga kesehatan (Nakes) yang terpapar COVID-19, namun belum bisa dipastikan jenisnya, apakah varian baru jenis Omicron atau tidak,’ ungkap Drg. Mutmainah kepala Puskesmas Cikuya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Kamis (10/2/2022).

Ke 8 Nakes yang terpapar virus COVID-19 itu kata dia, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri dirumah dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Sementara itu kepala tata usaha (TU) Puskesmas Cikuya Ambar Setyowati memaparkan, meskipun ada tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Cikuya yang terkena virus COVID-19, pelayanan di pusat kesehatan itu masih tetap berjalan.

“Tetap dibuka pelayanan dengan sisa tenaga kesehatan yang masih sehat, kalau pasien rawat jalan tetap masih bisa datang ke Puskesmas,” ucap Ambar Setyowati.

Dikatakan Ambar, untuk bagian Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) pihaknya akan melakukan penyemprotan desinfektan atau sterilisasi agar virus COVID-19 tidak menyebar luas.

“Kalau untuk PONED atau ruang bersalin kita sterilkan dulu atau disemprot desinfektan, jadi kalau ada pasien yang akan bersalin kita alihkan ke Puskesmas Cisoka maupun Tigaraksa,” terang Ambar.

Ambar mengakui bahwa dalam waktu beberapa hari terakhir ini memang ada pasien ibu hamil yang datang ke Puskesmas dan terdeteksi positif COVID-19, namun lanjut Ambar, pasien tersebut sudah dirujuk ke Rumah Sakit (RS).

Terpisah juru bicara satuan tugas (Satgas) COVID-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang Dr. Hendra Tarmizi membenarkan ihwal tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Cikuya yang terpapar positif COVID-19.

“Ada 8 orang tenaga kesehatan (Nakes) dan sudah dilakukan isolasi mandiri dirumah,” ujar Hendra Tarmizi.

Ketahui berdasarkan data Satgas COVID-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang jumlah sebaran virus COVID-19 di kecamatan Solear sebanyak 104 kasus positif COVID-19.

Red/Burhan.

Please follow and like us:
0
20