TPINews21.com Kabupaten Tangerang | Dalam rangka persiapan menghadapi lomba desa tahun 2022 baik ditingkat Kabupaten dan Provinsi Kepada Pemerintah Desa (Pemdes). Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang menggelar pelatihan EPDesKel dan Prodeskel di kantor desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Banten, Kamis (24/3/2022).

Diketahui, Evaluasi Perkembangan Desa dan kelurahan (EPDesKel) merupakan kelompok kerja yang melaksanakan evaluasi perkembangan Desa dan kelurahan berdasarkan instrumen pada wilayah kerja yang telah ditentukan.

Sementara Prodeskel adalah Sistem Informasi yang tentunya validitas yang akurat salah satu sistem perencanaan rujukan untuk pembangunan desa dan kelurahan dan semua sendi pembangunan yang ada di desa dan kelurahan.

Kepala Seksi Pemdes pada DPMPD Kabupaten Tangerang O,O Sumantri mengatakan, pelatihan EPDesKel dan Prodeskel untuk desa membangun ini merupakan program rutin yang dilakukan setiap tahun dilaksanakan dan dilanjutkan dengan lomba desa.

“Dalam menghadapi lomba desa ini, diharapkan setiap kecamatan dapat mengusulkan atau menunjuk satu desa yang juara ditingkat Kecamatan dan nantinya akan diteruskan ke tingkat Kabupaten, nanti ditingkat Kabupaten akan digodok lagi menjadi juara 1, 2 dan 3 yang akan diteruskan ke tingkat Provinsi dan selanjutnya ditingkat Nasional,” ungkap O,O Sumantri Kasi Pemdes DPMPD Kabupaten Tangerang.

Dikatakan O,O Sumantri, dalam setiap kegiatan, kita sudah melihat desa di Kabupaten Tangerang ini status desanya sudah menjadi status desa berkembang yang kita harapkan menjadi desa maju yang pada akhirnya menjadi desa mandiri.

“Terkait dengan ini bahwa indeks desa membangun sesuai dengan program Bupati Tangerang bahwa ada 100 desa di Kabupaten Tangerang berharap menjadi desa maju, kita doakan desa Cikuya ini bisa memenangkan ditingkat Kabupaten dan juga provinsi, kita harapkan desa desa di Kecamatan Solear ini bisa mendorong desa Cikuya menjadi desa maju,” terang O,O.

Sementara itu Ade Sapei Kades Cikuya sekaligus ketua APDESI Kecamatan Solear menyambut baik kegiatan pelatihan EPDesKel dan Prodeskel dalam rangka menghadapi lomba desa tingkat Kabupaten dan Provinsi.

“Diawal tahun 2022 ini desa Cikuya siap menghadapi lomba desa, dan di tahun 2023 nanti kita akan mendorong lagi salah satu di Kecamatan Solear ini untuk mengikuti lomba desa, mudah mudahan Kades lainnya termotivasi untuk membangun desanya masing-masing menjadi desa maju,” ujar Ade Sapei.

Diketahui dalam pelatihan EPDesKel dan Prodeskel yang digelar oleh DPMPD tersebut diikuti oleh 6 desa di Kecamatan Solear itu diantaranya desa Cikuya, Cikasungka, Cikareo, Cirendeu, Solear dan Munjul.
Red/Brn.

Please follow and like us:
0
Tweet 20