tpinews21.com, Kabupaten Tangerang | Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang memberikan kompensasi bagi petugas kebersihan yang bertugas di hari pertama Idul Fitri 1443 Hijriah dengan separuh waktu kerja.

Kepala DLHK Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik menjelaskan, pihaknya meliburkan setengah hari kerja para petugas kebersihan di hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Diharapkan para petugas kebersihan bisa merayakan lebaran bersama keluarga.

“Sebenarnya tetap bekerja bersih-bersih, tapi setelah sholat Ied diperkenankan untuk bersilaturahmi dengan keluarga terlebih dahulu. Setelah itu, pada pukul 13.00 WIB mereka bisa kembali bekerja,” ujar Taufik pada Minggu (1/5/2022).

Sementara pada H+2 lebaran, seluruh petugas kebersihan seperti sopir, kenek, pesapon, petugas taman dan pengawas kembali bertugas normal.

“Hari ke dua bekerja seperti sebelumnya, inilah kemuliaan mereka, libur sebentar saja khawatir sampah menumpuk. Mudah-mudahan ini jadi ladang amal petugas kebersihan. Saat orang-orang bersuka cita mereka tetap bekerja dengan sampah,” katanya.

Ia pun mengatakan, untuk menjaga kebersihan sebelum dan sesudah hari raya, pihaknya menyiagakan petugas kebersihan dan armada pengangkut sampah untuk mengantisipasi penumpukan sampah saat libur lebaran.

“Kami menyiagakan sebanyak 1.401 petugas kebersihan yang bertugas di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang dari sebelum dan sesudah Idul Fitri. Selain itu, 213 armada truk pun dikerahkan,” ucapnya.

Kemudian, TPA Jatiwaringin juga tetap beroperasi 24 jam selama libur dan cuti bersama Idul Fitri 1443 H. Setidaknya terdapat 12 personel ditugaskan piket di tempat tersebut.

Menurut Taufik, potensi volume sampah diperkirakan akan meningkat pada malam takbiran dan lebaran sehingga diperkirakan peningkatan sampah mencapai 20 sampai 30 persen. “Melihat tahun-tahun sebelumnya, memang terjadi peningkatan sampah di hari lebaran,” jelasnya.
Red/Brn.

Please follow and like us:
0
20