TPINews21.com Kabupaten Tangerang |
Akibat parkir sembarangan di bahu jalan, mobil dump truk tanah menimbulkan petaka bagi pengguna jalan, tepatnya dijalan raya Cisoka-Adiyasa Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang Banten.

Dump truk tanah dengan nomor polisi B 9830 UV yang terparkir di jalan provinsi lintas Adiyasa Cisoka tepatnya di wilayah Desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang, menimbulkan kecelakaan tunggal hingga mengakibatkan satu orang warga Kirana meninggal dunia pada Jumat malam sekira pukul 22.00 WIB.

Kendaraan yang masih bermuatan tanah merah sudah terparkir sekitar dua hari karena mengalami kerusakan, dan belum ada penanganan perbaikan hingga terjadinya kecelakaan.

Mobil tanah yang rutin beroperasi setiap malam pada pukul 22.00 WIB, dari daerah sekitar Maja Kabupaten Lebak di tabrak oleh kendaraan roda dua dengan nomor polisi A 6304 VAS, sementara pengendara roda dua yang menabrak meninggal di tempat kejadian perkara (TKP).

Kepolisian Sektor Cisoka langsung melakukan pengamanan dan membawa korban ke rumah sakit RSUD Balaraja. Sementara korban berinisial HPC (52) warga asal perumahan Taman Kirana Surya Blok B desa Pesanggrahan kecamatan Solear kabupaten Tangerang.

Dump truk tanah yang parkir liar di bahu jalan dan mengalami kerusakan sudah banyak di keluhkan masyarakat sebagai pengguna jalan.

Pasalnya kendaran truk tanah yang tergolong besar dengan indeks sekitar 30 kubik terkesan kurang perawatan, yang mengakibatkan tingkat kelayakan jalan kendaraan kurang terkontrol, dan sering mengalami kerusakan yang pada akhirnya masyarakat dan pengguna jalan yang melintas menjadi korban dan merasa terganggu kenyamanan saat melintas.

Adung ketua BPD desa Cikuya menyayangkan pihak penanggung jawab kendaraan yang terkesan ceroboh, karena kurang memperhatikan kelayakan operasional kendaraan.

“Jalan Provinsi ini tergolong sempit ditambah dengan kepadatan lalulintas di waktu tertentu sering menimbulkan kemacetan, apalagi dengan adanya mobil dump truk yang parkir liar di bahu jalan itu memperparah kondisi lalulintas,” ujarnya.

Anehnya pihak dinas terkait terkesan menutup mata dan membiarkan terparkirnya truk tanah berhari hari karena mengalami kerusakan, bahkan kadang pengemudi truk terkesan sengaja melakukan penumpukan parkir hingga 4 unit berurutan saat istirahat makan, tanpa memikirkan resiko dan kenyamanan pemakai jalan yang melintas.

Posko pemantau Dishub yang berada di Cikuya, tepatnya di simpang tiga jalan Adiyasa Cisoka Maja, dinilai masih belum maksimal dalam melakukan penertiban truk tanah yang melintas setiap malam.

“Itu sudah pembiaran parkir liar, mengakibatkan kemacetan dan resiko kecelakaan, ini perlu mendapatkan perhatian khusus, ini bukan yang pertama, tapi sering terjadi, namun pihak dishub terkesan menutup mata dan seharusnya pos pantau Dishub itu adanya di perbatasan antara Cisoka dengan Maja,” ujar Adung.

Terpisah, Kapolsek Cisoka AKP Nurrokhman Triamtono saat di konfirmasi media membenarkan adanya peristiwa kecelakaan tunggal di jalan raya Cisoka Adiyasa.

Ya benar, diduga mengantuk saat berkendara dengan kecepatan tinggi sehingga menabrak truk tanah yang sedang terparkir dibahu jalan dan untuk saat ini penanganan nya telah di tangangi Unit Laka Polresta Tangerang,’ ujarnya.
Red/Brn.

Please follow and like us:
0
Tweet 20