TPINews21.com | Kabupaten Tangerang | Pemerintah Kecamatan Jayanti melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan,Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu,26 Januari 2022 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Jayanti.

Hadir pada kegiata tersebut lima anggota DPRD Kabupaten Tangerang Dapil 1 diantaranya Wahyu Nugraha, S.Pd dari Fraksi Golkar, Wishnu Yudhamukti, SE, M.Si dari Fraksi PKS, H. Yaya Amsori dari Fraksi Demokrat, Tasripin, SE dari Fraksi PAN dan Nazil Fikri, S.Ag dari Fraksi PPP.

Turut pula hadir perwakilan dari Bappeda, unsur Forkompimcam, Kapuskesmas jayanti, kades se-Kecamatan Jayanti serta tokoh masyarakat, tokoh agama, dan kepemudaan.

Dalam pengarahannya Anggota DPRD Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh Wishnu Yudhamukti menyampaikan bahwa,wilayah Kecamatan Jayanti saat ini telah mengalami perubahan peruntukan tata ruang wilayah semula dari zona hijau/pertanian menjadi zona kuning/pemukiman.

Hal ini tentunya perlu dipersiapkan agar masyarakat Kecamatan Jayanti mampu bergeser dari masyarakat yang bergerak di bidang pertanian menjadi masyarakat yang bergerak di bidang perdagangan dan jasa, dengan cara menjalankan program pemberdayaan ekonomi berbasis masyarakat,

“Program pengembangan usaha mikro untuk menciptakan kemandirian ekonomi. Program itupun tentunya sekaligus dapat menjadi upaya dalam pemulihan sektor ekonomi di masa pandemi covid 19,” ungkap Wisnu Yudha Mukti.

Sementara itu perwakilan Bappeda Sri Indri Astuti W Memaparkan arah kebijakan pembangunan tahun 2022 diprioritaskan pada sektor pembangunan SDM pasca pandemi Covid-19.

“Di tahun anggaran 2022 di prioritaskan pada peningkatan produktivitas ekonomi masyarakat, peningkatan infrastruktur wilayah yang berkualitas serta lingkungan hidup dan peningkatan tata kelola pemerintahan,” ujar Sri Indri Astuti.

Ditempat yang sama Camat Jayanti Yandri Permana, S.STP selaku pimpinan Musrembang RKPD 2022 Kecamatan Jayanti, menjelaskan bahwa sesuai dengan arah kebijakan pembangunan tahun 2022, kami memprioritaskan sejumlah program pembangunan antara lain yaitu,

  1. Peningkatan Akses Layanan Kesehatan melalui pembangunan gedung puskesmas rawat inap jayanti dan Peningkatan upaya penurunan stunting;
  2. Peningkatan Akses pendidikan dan usia belajar anak melalui pembangunan SMPN 3 Jayanti, Relokasi/pembangunan SDN 1 Pangkat, peningkatan prasarana gedung TK Negri Pertiwi Jayanti;
  3. Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Optimalisasi/lanjutan pembangunan Kampung Tematik Desa Jayanti, pembinaan pelaku usaha mikro serta peningkatan pengelolaan bumdes;
  4. Penguatan ketahanan pangan melalui pembinaan dan pemberian bantuan pembudidaya perikanan, peternakan dan palawija.
  5. Pembangunan infrastruktur wilayah melalui pemeliharaan dan pembangunan jalan dan drainase dan program RTH.
  6. Penanganan kawasan kumuh melalui bantuan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni.
  7. Pengentasan Desa ODF atau desa bebas BAB sembarangan.
  8. Penanganan permasalahan sampah Bio konversi sampah organik.
  9. Peningkatan SDM aparatur pemerintah di kecamatan dan desa serta pembinaan pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan urusan pemerintahan di kecamatan dan desa.

Red/Burhan.

Please follow and like us:
0
Tweet 20