TPINews21.com – Tangerang | Forum Usaha Mikro (Forsamik) Kabupaten Tangerang Banten resmi melantik para pelaku usaha yang tergabung dalam Forsamik di wilayah Kecamatan Solear.

Pelantikan pengurus forum usaha mikro (Forsamik) untuk perwakilan di setiap desa se-kecamatan Solear itu dilakukan di aula kantor Kecamatan Solear pada Selasa (8/2/2022).

Ketua Forsamik Kabupaten Tangerang Suhendra mengatakan, pelantikan KSB Forsamik Kecamatan Solear ini untuk periode 2021 – 2024 dan pergantian kepengurusan ini merupakan tahap yang ke kedua sejak tahun 2018 lalu.

“Ini periode yang kedua sejak 2018 lalu, dan pergantian kepengurusan ini dilakukan setiap tiga tahun sekali dibentuk berdasarkan peraturan daerah (Perda) nomor 4 tahun 2016,” ungkap Suhendra Ketua Forsamik Kabupaten Tangerang saat ditemui seusai acara pelantikan.

Dipaparkan Suhendra, tujuan pembentukan forum usaha mikro (Forsamik) adalah menjadi wadah pelaku usaha mikro di kabupaten Tangerang serta menjadi mitra pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang.

Sementara para pelaku usaha mikro yang sudah menjadi anggota Forsamik saat ini kata Suhendra sudah mencapai puluhan ribu pelaku usaha dari berbagai jenis usaha

“Sudah 27 ribu anggota yang sudah bergabung dengan Forsamik dan kami akan turun ke Kecamatan dan desa untuk melakukan sosialisasi seperti program bantuan fasilitas modal usaha, atau kegiatan lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” terang Suhendra.

Hal yang perlu disampaikan lanjut Suhendra, terkait dengan mengurus perizinan, cara untuk mengembangkan usaha dan juga terkait modal usaha serta kepesertaan BPJS juga akan difasilitasi.

“Urus perizinan, pelatihan dalam pengembangan usaha, termasuk modal usaha difasilitasi, ini harus sampai ke masyarakat bawah, agar tidak terkesan orang itu itu saja, jadi dalam hal ini kami berharap ada kolaborasi dengan pihak kecamatan dan juga desa untuk menyampaikan informasi ke bawah,” ujarnya.

Sementara itu Hambali ketua Forsamik Kecamatan Solear mengatakan, untuk wilayah Solear baru 140 anggota yang tergabung dalam Forsamik. Namun sebagai ketua Forsamik Solear, dia akan berusaha maksimal untuk memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Saya akan bekerja secara optimal, karena di setiap desa itu ada koordinator desa (kordes) nya dengan kordes itu mempermudah kita untuk merangkul semua, sehingga kesulitan mereka dalam mengembangkan usaha atau mengurus perizinan usaha, izin BPPOM juga sertifikat halal bisa terbantu,” ungkap Hambali.

Namun yang jelas lanjut Hambali, melalui Forsamik ini pihaknya akan membantu memfasilitasi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah ini, sehingga secara legalitasnya diakui oleh pemerintah.

“Agar nantinya mereka saat mengajukan program bantuan atau program lain bisa dipermudah,” ujarnya.

Dalam giat pelantikan pengurus Forsamik ditingkat Kecamatan dan desa ini, dihadiri oleh Camat Solear H. Karsan, Kasi Ekbang, Kasi Trantib Pol PP Kecamatan Solear, dan perwakilan 7 Kades di wilayah Kecamatan Solear.

Red/Burhan

Please follow and like us:
0
Tweet 20